Pages

Wednesday, June 20, 2012

Tutorial Dasar ArcGIS

Share on :


ArcGIS desktop merupakan kumpulan aplikasi perangkat lunak SIG utama yang berbasis MS Windows yang digunakan untuk mengompilasikan, menuliskan, menganalisis, men-sharing, memetakan, dan mempublikasikan informasi spasial (Prahasta, 2011). Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan ArcMap dan ArcCatalog.
Pertama-tama kita akan membahas mengenai user interface dari ArcGIS itu sendiri.
Berikut penjelasan dalam (Prahasta, 2011):
Menu utama: sebaris menubar yang terdiri dari menu-menu berikut beberapa sub-menu yang terdapat di dalamnya.
Toolbar: secara default terdiri dari dua baris; toolbar standar dan tools. Meskipun demikian, baris toolbar ini bisa bertambah atau bervariasi sesuai dengan jumlah tipe tools yang kemudian diaktifkan oleh para pengguna ArcMap.
Table of Content: area dimana ArcMap menampilkan nama, simbol, dan warna layer-layer yang muncul di dalam area data frame.
Artikel ini sendiri merupakan tutorial dasar yang nantinya akan berkesinambungan pada tutorial tahap lanjut. Tutorial ini akan dibagi menjadi beberapa bab sebagai berikut:

Untuk memudahkan pembaca, data yang digunakan dalam tutorial ini bisa di-download di sini. Semua data yang digunakan bisa Anda dapatkan di link tersebut kecuali data citra SPOT-5 wilayah Semarang yang digunakan pada bab Rektifikasi dan Digitasi, karena data tersebut merupakan pemberian dari LAPAN sehingga penulis tidak boleh mempublikasikannya sembarangan. Sedangkan data yang lain merupakan data praktikum SIG saat penulis menempuh semester 5. Ucapan terima kasih penulis berikan kepada asisten praktikum SIG waktu itu: Kak Rangga Bayu Prasetya, Kak Arifah Trisnawati, dan Kak Roza Yunsorun. 
Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. :)


Sumber gambar logo ArcGIS 9.3: http://ayamforester.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Please write your comment here