Pages

Tuesday, May 1, 2012

Teknik Geodesi Universitas Diponegoro (UNDIP)

Share on :


Sebelum masuk ke spesifikasi universitasnya, terlebih dahulu akan dijelaskan mengenai konsep Geodesi itu sendiri. Secara sederhana, jurusan ini adalah salah satu bidang keilmuan teknik (engineering) yang mempunyai spesialisasi pada pemetaan permukaan bumi, mulai dari darat (terestris dan penginderaan jauh satelit), topografi dasar laut (batimetri), penentuan posisi secara relatif terhadap letak satelit (GPS), hingga pemodelan muka bumi menggunakan muka laut rata-rata (Mean Sea Level). Geodesi berkorelasi dengan perencanaan pembangunan, penanganan dan mitigasi bencana, sampai pengembangan aplikasi pemetaan berbasis pemrograman komputer menggunakan platform mobile maupun web.
Jurusan Teknik Geodesi merupakan bagian dari Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (UNDIP), salah satu dari 19 jurusan yang ada di fakultas tersebut. Meski relatif masih baru, namun lulusan dari kampus ini hampir tidak pernah mengalami masalah dari segi penerimaan di lapangan kerja. Hal tersebut dapat dimaklumi, karena hanya ada empat universitas negeri yang menyelenggarakan program studi Teknik Geodesi yaitu ITB, UGM, ITS, dan UNDIP, sedangkan lulusan yang ditelurkan masing-masing universitas setiap tahunnya hanya beberapa persen dari kebutuhan di Indonesia.
UNDIP baru menyelenggarakan tingkat S-1 untuk program studi Teknik Geodesi. Dalam satu periode kuliah terdapat delapan semester, dimana secara praktis dapat dispesifikasikan untuk semester 1-3 terfokus pada pemetaan terestris (ilmu ukur tanah menggunakan waterpass dan theodolit, pembuatan kerangka horizontal dan vertikal, dan pemetaan digital menggunakan Total Station), semester 4-5 mempelajari penginderaan jauh satelit dan Sistem Informasi Geografis (biasanya berupa penggunaan software ER Mapper dan ArcGIS), semester 6 menyentuh teknik batimetri dalam survey hidrografi, dan semester 7 cukup variatif, mulai dari mempelajari sistem GPS (Global Positioning System), penetapan batas wilayah negara dan daerah, hingga dasar-dasar ilmu pengukuran kadastral atau pertanahan.
Lulusan Geodesi dapat bekerja di berbagai tempat. Sebagai seorang surveyor, alumni Geodesi dapat menempatkan diri di perusahaan pertambangan atau migas –inilah lahan uang bagi seorang geodet– atau di perusahaan konstruksi (kontraktor). Di jajaran instansi pemerintah, Bakosurtanal (sekarang Badan Informasi Geospasial atau BIG), LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), atau BPN (Badan Pertanahan Nasional) adalah alternatif-alternatif favorit lulusan Geodesi. Jika memiliki kemampuan pada bidang pemrograman komputer, seorang geodet akan mempunyai nilai lebih pada pengembangan aplikasi pemetaan. Kemampuannya ini bisa ia eksplorasi di perusahaan konsultan pemetaan, selain tentunya kemampuan dasar lainnya seperti Penginderaan Jauh atau SIG. Ketika seorang geodet mampu melengkapi ilmu spasialnya dengan pemrograman komputer, perusahaan mana yang tidak tertarik merekrutnya?
Lulusan S-1 Teknik Geodesi akan memiliki gelar Sarjana Teknik (ST). Dengan prosentase kebutuhan negara ini dan lulusan yang dihasilkan universitas setiap tahunnya yang tidak berimbang dimana kebutuhan yang dimiliki perusahaan dan pemerintah jauh lebih besar dari jumlah alumni Geodesi yang tersedia, maka bisa dipastikan, Teknik Geodesi adalah jaminan masa depan yang cukup menjanjikan.  


36 comments:

  1. Mau nanya kak. Undip tuh adanya Teknik Geodesi apa Geodasi aja? Soalnya kalo saya liat liat di situsnya, adanya teknik geodesi. Tapi pas pilih jurusan undip di umbptn, adanya geodesi aja. Bukan teknik geodesi. Tolong penjelasannya, makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Geodesi itu maksudnya Teknik Geodesi. sama aja :)

      Delete
    2. Mau nanya kalo dari d3 keep s1 geodesi bisa MBA?

      Delete
  2. D3 ada gak sih??,jurusan geodesi :)

    ReplyDelete
  3. kalau geodesi tuh susah gak sih?
    apa harus punya keahlian gambar sama komputer juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah atau gak tergantung kita menikmatinya atau gak. kalo keahlian gambar sama komputer itu perlu, tp bisa dipelajari saat kuliah :)

      Delete
  4. Replies
    1. temen seangkatan saya ada yg IPS dan bisa. dicoba aja :D

      Delete
  5. Kalo mau masuk jurusan ini harus menguasai pelajaran apa ya? Thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak harus spesifik menguasai pelajaran tertentu sih.. tp kalau menguasai matematika lbh baik krn geodesi itu banyak hitungan :)

      Delete
  6. Kalo mau masuk jurusan ini harus menguasai pelajaran apa ya? Thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. matematika penting, tp semua bisa dipelajari saat kuliah kok :)

      Delete
  7. Penerimaan Teknik Geodesi di ITS ketat gak? bisa menjelaskan tingkat persaingan masuk di teknik geodesi di 4 univ tersebut?

    ReplyDelete
  8. Teknik geodesi itu sulit gak to mas, kalau sama geologi menurut masnya lebih sulit mana

    ReplyDelete
  9. lulusan geodesi nyari kerja susah gk om

    ReplyDelete
  10. Permisi saya tertarik dengan tek geodesi.. tp juga minder mas sama nilainya :'(

    ReplyDelete
  11. Jika dibanding matematika, lebih banyak / dalam kimia atau matematika yg hars dipelajari nanti ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kata om saya yg sudah lulus geodesi di salah satu universitas di bandung sih katanya lebih ke matematika (iku jawab)

      Delete
    2. Kalo kata om saya yg sudah lulus geodesi di salah satu universitas di bandung sih katanya lebih ke matematika (iku jawab)

      Delete
  12. Terimakasih
    perkenalkan kami untuk kalkulator casio murah
    fx-CP400, fx-CG20, fx-9860G2SD, fx-7400G2, fx-5800P
    klik www.facebook.com/bursakalkulatorjogja

    ReplyDelete
  13. Mas, akreditasi teknik geodesi di undip kan masih B mas, nah itu berpengaruh ke lapangan pekerjaan gk mas?

    ReplyDelete
  14. bang boleh minta nomernya gitu bang kalo engga pinnya bang soalnya saya mahasiswa geodesi juga kali bisa saling bantu bantu 58664ccf

    ReplyDelete
  15. mas, kalau ada yang tertarik melamar pekerjaan geodesi kebetulan kantor saya lagi butuh. Untuk yang fresh graduate klo bisa bisa langsung email ke hrd@dayasitel.com, makasih

    ReplyDelete
  16. Mas,mau nanya.. Kalo program lanjut dari diploma ke sarjana ada gak di undip?soalnya saya cuma Diploma n berencana mau nyambung ke sarjana..kalo ada jalurnya bisa di infokan mas,,makasih

    ReplyDelete
  17. Kak saya kan masih sma kelas 12 dan jurusan ipa.. Raport saya kan yang grafiknya naik cma matematika ., la itu berpeluang besar masuk ke teknik geodesi gak kak

    ReplyDelete
  18. Mas mau tanya,

    Kan di teknik geodesi alat2 keperluannya kan banyak banget yang mahas ya, seperti gps, theodolit, dll.

    Nah tar kalau misal udah lulus dari situ pas ngelamar kerja apa kita harus punya alatnya / sudah disediakan diperusahaan itu sendiri?

    ReplyDelete
  19. mas maaf saya tertarik geodesi tapi matematika saya kurang mas. saya harus gimana ya mas?

    ReplyDelete
  20. mas maaf saya tertarik geodesi tapi matematika saya kurang mas. saya harus gimana ya mas?

    ReplyDelete
  21. Ass, mas klu lulusan S1 Pendidikan Geografi boleh tidak lanjut S2 teknik geodesi

    ReplyDelete
  22. Mas may nanya, materi matematika yang dipelajari bab apa ya?

    ReplyDelete
  23. Mas/mba kalau berminat saya br butuh lulusan tek geodesi unt proy2 pemerintah. Bisa kirim lam ke cvinterdesco2@gmail.com. Segera

    ReplyDelete
  24. Mas kalau dari d3 ke s1 geodesi bisa?

    ReplyDelete

Please write your comment here