Pages

Wednesday, May 23, 2012

Integrasi Google Maps Pada Mobile GIS

Share on :


Dalam mobile GIS menggunakan operating system Android, kita perlu mendaftarkan sebuah kunci yang dikenal dengan API Key agar kita dapat mengakses Google Map dengan coding aplikasi. Kunci ini didapat berdasarkan generate otomatis dari SDK Android yang diinstall. Berikut tahapan-tahapannya seperti dikutip dalam (Trisnawati, 2012):
1.   Meng-copy file debug.keystore (di laptop saya terletak di C:\Users\<username>\.android) ke direktori Android SDK.
2.   Membuat MD5 Fingerprint dengan command keytool.exe yang ada pada Java SDK, dalam laptop saya terletak di C:\Program Files\Java\jdk1.7.0.\bin. MD5 Fingerprint ini akan digunakan untuk membuat Key Google Map. Dalam command prompt masuk ke direktori tersebut kemudian ketikkan ‘keytool.exe –list –alias androiddebugkey –keystore –“C:\<direktori android sdk>\debug.keystore” –storepass android –keypass android’. Jika MD5 tidak keluar, maka tambahkan “-v” setelah “keytool.exe” menjadi ‘keytool.exe –v –list –alias androiddebugkey –keystore –“C:\<direktori android sdk>\debug.keystore” –storepass android –keypass android’.
Setelah dienter menjadi
3.  Membuka situs http://code.google.com/android/maps-api-signup.html, masukkan kode MD5 yang didapat, lalu klik button Generate API Key. Setelah itu, API Key akan didapatkan.
Berikut hasilnya.



Selamat mencoba. :)

Sumber gambar Google Maps: http://sr.wikipedia.org/sr/%D0%A1%D0%BB%D0%B8%D0%BA%D0%B0:Google_maps_logo.png


4 comments:

  1. mantab nang, tp lbih mantab kalo komplit semua isi TA mu, kamu tuang disini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha belom kelar mal... sek to... :D

      Delete
    2. bang minta pencerahan ni soal GIS android,,ato TA abang...saya awam...

      Delete
    3. saya masih belajar kok mas. TA saya jg belum selese. belajar ttg dasar2 pemrograman java aja dulu kalo mau serius di mobile GIS android :)

      Delete

Please write your comment here