Pages

Wednesday, June 20, 2012

Rektifikasi dan Digitasi pada ArcGIS

Share on :


Pada bagian ini, kita akan memberikan sebuah sistem koordinat pada data spasial di ArcMap. Dalam bahasa geospasial, kegiatan ini dinamakan rektifikasi, yaitu memperbaiki koordinat pada sebuah data spasial agar sama dengan koordinat data referensi. Selain itu, juga akan dijelaskan mengenai pembuatan data vektor dengan menggunakan referensi data raster atau yang lebih dikenal dengan nama digitasi.
A.   Rektifikasi
1.    Pertama, buka data spasial yang akan direktifikasi (Add Data).
2.   Aktifkan toolbar Georeferencing di ArcMap. Jika belum diaktifkan, pilih View -> Toolbar -> Georeferencing.
3.   Agar data yang kita rektifikasi tidak langsung bergeser begitu titik pertamanya berhasil didefinisikan, dropdown tombol Georeferencing, pilih Auto Adjust.
 4.   Klik Add Control Points (lingkaran merah). Klik pada titik yang ingin dijadikan titik kontrol dalam rektifikasi, lalu klik kanan, input X and Y. Masukkan koordinat dari data referensi.
      NB: Anda dapat memilih data referensi yang paling sesuai, misalnya RBI atau citra satelit yang sudah terkoreksi (makin tinggi resolusinya makin baik). Namun karena data yang sedang saya rektifikasi adalah peta RBI, maka bagian pojok dari peta ini mempunyai koordinat yang bisa langsung dimasukkan ke input X and Y
5.   Untuk menampilkan data-data koordinat yang sudah kita masukkan dalam bentuk tabel, Anda dapat menekan tombol View Link Table yang terdapat pada toolbar Georeferencing (lingkaran merah).
     NB: Di tabel tersebut kita juga dapat menghapus koordinat yang kita anggap tidak sesuai dengan mengklik koordinat yang dimaksud, lalu tekan tombol delete. Selain itu, kita juga dapat mengecek akurasi koordinat yang kita masukkan dengan melihat nilai RMS (Root Mean Square) errornya. Makin kecil nilai RMS (mendekati nol), maka ketelitian semakin baik. Nilai RMS hanya akan muncul jika titik yang dikoreksi minimal 4 buah.

B.   Digitasi
1.   Masukkan data raster yang akan dijadikan referensi dalam melakukan digitasi. Data yang digunakan di sini adalah citra SPOT-5 kota Semarang.
2.   Buat layer baru di ArcCatalog yang akan kita jadikan unsur dalam data vektor. Misalkan “jalan”. Cara menambahkan layer bisa dipelajari di sini.
3.  Klik Editor, pilih Start Editing. Pilih target yang akan kita jadikan komponen data vektor yang dimaksud, misalkan layer “jalan” yang kita buat tadi.
 4.    Zoom in pada area yang akan kita digitasi.
 5.    Klik Sketch Tool (lingkaran merah), proses digitasi pun dapat segera dimulai.
 6.    Jika proses digitasi sudah selesai, klik kanan, lalu pilih Finish Sketch.

Sumber gambar logo ArcGIS 9.3: http://ayamforester.blogspot.com

3 comments:

  1. good, thank you very much because telah banyak membantu

    ReplyDelete
  2. Terimakasih Artikelnya kak semoga bermanfaat bagi kami para pembaca
    Perkenalkan nama saya Adri Agustiansyah dari kampus ISB atma luhur.

    ReplyDelete

Please write your comment here