Pages

Monday, June 18, 2012

Kerja Praktek di LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional)

Share on :


Artikel ini murni merupakan pengalaman saya sebagai mahasiswa Teknik Geodesi UNDIP pada tahun 2011. Saat itu saya berada di peralihan antara semester 6 dan 7, tepatnya pada bulan Juli. Saya sangat ingat, saya memulai Kerja Praktek (KP) saya pada tanggal 25 Juli dan berakhir dua bulan kemudian, yaitu pada tanggal 20 September. Kesimpulannya, saya melaksanakan KP selama dua bulan. Namun jangan terpatok pada kalender saya jika ingin melaksanakan KP dimana pun, termasuk LAPAN. Dua bulan adalah interval yang saya kehendaki sendiri, dan disetujui oleh LAPAN. Anda bisa melaksanakan KP selama satu bulan, bahkan kurang. Semua tergantung kesepakatan Anda, jurusan, dan instansi atau perusahaan yang ingin Anda datangi.
Sebelum mulai penjelasan panjang lebar di bawah, ada baiknya Anda menimbang-nimbang keputusan Anda jika ingin KP di LAPAN. Kenapa? Karena mungkin tempat ini bukan tempat favorit mahasiswa yang idealnya masih punya banyak power and energy untuk melakukan survey pengukuran, atau yang sedang giat-giatnya menambah pundi-pundi uangnya dari berbagai proyek yang bisa didapatkan dari pengukuran. LAPAN adalah lembaga penelitian, lebih memfokuskan pada pengembangan ilmu pengetahuan lewat penelitian dan jurnal. Untuk bidang Geodesi sendiri, hanya penginderaan jauh (dari pengalaman pribadi saya, tapi mungkin di kesempatan lain fotogrametri dan SIG juga diperlukan) yang dibutuhkan di sini, seperti pengolahan citra dengan berbagai macam software. Jadi, jika Anda tidak tertarik dengan penelitian atau penginderaan jauh, mungkin ada baiknya memilih tempat KP selain LAPAN. Tapi, jika Anda memang berminat ke LAPAN, Anda akan mendapatkan banyak sekali ilmu (plus data citra dan software) dari sana.
Berikut ini akan saya jabarkan detail pengalaman saya ketika KP di Bidang Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) Deputi Penginderaan Jauh LAPAN Pekayon, Jakarta Timur. Sekali lagi, ini murni pengalaman saya, bukan standarisasi dalam melaksanakan KP di instansi pemerintah. Semua fleksibel, tergantung Anda, jurusan, dan instansi/perusahaan.
1.    Waktu Melaksanakan KP
Syarat administratif yang tidak boleh dilanggar dalam melaksanakan KP hanyalah jumlah sks. Semua tergantung kebijakan masing-masing universitas. Namun idealnya di Fakultas Teknik UNDIP, khususnya jurusan Teknik Geodesi, kebanyakan mahasiswa mengambil KP pada setelah semester 6, termasuk saya.
2.    Durasi Waktu KP
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, durasi atau interval dalam melakukan KP tergantung dari permintaan Anda sendiri dan persetujuan pihak jurusan serta instansi yang Anda datangi. Waktu paling favorit yang biasanya dipilih mahasiswa adalah satu bulan, namun ada beberapa yang mengambil hingga dua bulan seperti saya. Ada juga yang kurang dari satu bulan, namun di Geodesi UNDIP itu sama sekali tidak dianjurkan.
3.    Prosedur Pengajuan Permohonan KP
Poin ketiga ini masih general, dalam arti KP di manapun akan masih mengalami tahap yang sama. Tahap pertama pelaksanaan KP tentu saja memilih bidang yang ingin dipelajari, dianjurkan yang paling diminati. Jika tertarik pada terestris dan GPS, bisa mengambil perusahaan tambang, jika berminat pada penginderaan jauh dan SIG bisa memilih lembaga penelitian, dan jika suka dengan hidrografi dapat melaksanakan KP di perusahaan offshore. Setelah itu, buat proposal dan ajukan ke Kepala Jurusan (Kajur). Biasanya kajur akan melakukan beberapa revisi terkait dengan standarisasi proposal yang baik dan benar. Setelah proposal disetujui, segera buat surat resmi dari jurusan. Untuk lebih mempermudah acc dari instansi/ perusahaan yang dituju, ada baiknya mencari contact person yang bersifat personal (bukan telepon kantor) dari orang yang berpengaruh di sana (karena biasanya ketika kita menghubungi kantor akan dioper-oper khas birokrasi). Selain itu, disarankan juga untuk banyak bertanya kepada kakak kelas atau senior Anda yang punya pengalaman KP atau melaksanakan Tugas Akhir di sana. Terlebih untuk tempat yang lokasinya jauh dari kota asal Anda, saran-saran dan bantuan dari kakak kelas akan sangat terasa manfaatnya.
4.    Prosedur Pemberangkatan
Di sini saya akan mulai membahas khusus mengenai LAPAN. Keberangkatan tentu saja tergantung dari lokasi masing-masing instansi, namun yang perlu mendapat perbedaan yang sangat mencolok ketika kita memilih perusahaan tambang khususnya di luar Jawa dengan instansi pemerintah. Untuk perusahaan tambang yang besar biasanya akan menyediakan biaya transportasi sekali PP (pergi-pulang), sedangkan instansi pemerintah tidak memberikan pelayanan dalam bentuk fee perjalanan. Saat itu saya berangkat menggunakan kereta api.
5.    Biaya dan Cara Hidup
Sekali lagi saya menyinggung soal biaya. Jika mungkin Anda melihat banyak orang yang pulang KP membawa uang dalam jumlah berlimpah, LAPAN sama sekali tidak menggaji Anda ketika Anda melakukan KP di sana. Anda harus menyediakan biaya hidup sendiri. Untuk urusan tempat tinggal, LAPAN mempunyai sebuah mess yang cukup bagus. Lokasinya terletak di dalam area kantor, jadi hanya perlu waktu 3 menit saja untuk menuju lokasi kerja dengan berjalan kaki. Untuk dapat menyewa mess, kita dikenakan uang kebersihan Rp 50.000,00 per bulan. Namun angka itu jadi akan terasa murah jika menilik fasilitas yang didapat. Anda bisa melihat foto-foto mess di bawah ini.
Foto mess dari depan
 Kamar tidur
Ruang tengah lantai 2 (untuk nonton TV)
6.    Pelaksanaan KP
Ini (mungkin) bagian paling penting dari artikel ini. Pelaksanaan KP di LAPAN murni berurusan dengan komputer dan sama sekali tidak turun ke lapangan karena bidang kajian full citra. Anda juga sangat disarankan (kata lain dari “wajib”) untuk membawa laptop sendiri karena hampir setiap komputer kantor dipakai oleh peneliti. Anda jangan berpikir peneliti LAPAN adalah PNS yang tidak produktif, karena mereka selalu mengerjakan banyak hal setiap harinya. Selain itu, tentunya tidak nyaman jika kita bekerja dengan komputer orang lain. 
 Ruang kerja
Keuntungan terbesar ketika kita KP di sini adalah kita boleh membawa data citra dan software yang kita olah selama di LAPAN. Total kapasitas file yang saya bawa sendiri saat itu mencapai 6,64 GB. Banyak software baru yang saya dapatkan (waktu itu untuk beberapa software saya sama sekali belum pernah melihatnya meskipun sebenarnya untuk orang Geodesi cukup populer), yaitu OrthoWarpER, ENVI, PG-STEAMER, Global Mapper, ERDAS, ILWIS, dan tambahan berupa software untuk men-download citra di Google Earth, yaitu UCG_V2 (software dan tutorialnya bisa didapatkan di sini). Untuk data sendiri saya mendapat berbagai macam citra mulai dari Landsat-7 ETM, SPOT-4, SPOT-5, ALOS PRISM, dan SRTM. Untuk yang menyukai penelitian, kita juga dimanjakan dengan berbagai jurnal penginderaan jauh, baik jurnal nasional maupun internasional di perpustakaannya. Selain itu, ada juga berbagai majalah yang mengambil topik utama penginderaan jauh. Banyak sekali yang dapat kita pelajari dari publikasi yang sudah ada. 
Ruang perpustakaan

LAPAN is trully research institution. We can learn more about remote sensing.            

32 comments:

  1. mas, kalau boleh tau judul KPnya apa ya mas, sekedar referensi aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengolahan Citra Satelit SPOT-4 Menggunakan Software OrthoWarpER 2.2, PG-STEAMER 4.1, ER Mapper 7.0, dan ENVI 4.4 :)

      Delete
  2. mas, saya pingin tau, kalo KP di LAPAN itu tugas kita ngapain aja ya mas?..susah nggak??..
    kebetulan saya juga Geodesi, baru semester 4 sih mas..dan kebetulan saya juga ingin ngambil KP ntar di LAPAN..'n saya masih ingin tau lebih dalam lagi..mohon infonya ya mas..makasih..
    oya mas, ini email saya : marseventz@rocketmail.com
    tolong di balas lewat email aja ya mas kalo sempat..makasih mas..

    ReplyDelete
  3. mas....saya tertarik belajar citra, kalo KP d LAPAN kira2 ngapain aja ya mas? saya udah semester 5 ni bntar lagi harus udah nyiapin wat KP. Tapi saat ini pun loem ada bayangan mau kemana?
    Sya grivina, geodet Undip jg angkatan 2011. salam kenal mas danang.. ^_^ Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau tau teknisnya gmn, mending baca laporanku aja dek. di perpus ada, kalo mau softnya bisa minta ke pak sawiyan, atau kasih aja email kamu, ntar aku kirim :)

      Delete
    2. Mas kira-kira saya boleh minta Laporan KP punya mas danang engga ya ? Kalo boleh bisa kirim lewat email mas frayhanakbar@gmail.com

      Delete
  4. jadi gini mas, waktu KP ni, sebelumnya kita harus punya skill yg berhubungan dengan LAPAN atau kita dilatih ulang lagi mengenai semua yg disitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting tahu dasar2 teori dan softwarenya. pengembangannya bisa belajar disana

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. mas, kalo KP di lapan kita dikasih pelatihan dulu gak?..ato gmn?..trs untuk software apakah kita dikasih dari LAPAN sendiri ato gmn?..

    ReplyDelete
  7. mas saya dari teknik geofisika unila, apakah bisa mengambil tema kp mengenai penginderaan jauh untuk studi geofisika atau geologi?
    bisa dibalas di email saya: bagasetyadi@live.com

    terima kasih

    ReplyDelete
  8. buat proposal pengajuan gmn aku kemaren udh magan di lapan tinggal pklnya aja

    ReplyDelete
  9. Selamat sore mas. Mau nanya apakah di LAPAN menerima mahasiswa KP yang dari universitas swasta. Terima kasih atas infonya. Mohon balasnya mas.

    ReplyDelete
  10. Saya dari Intitut Teknologi Nasional/ITN Malang mas.

    ReplyDelete
  11. Saya dari Intitut Teknologi Nasional/ITN Malang mas.

    ReplyDelete
  12. Selamat sore mas. Mau nanya apakah di LAPAN menerima mahasiswa KP yang dari universitas swasta. Terima kasih atas infonya. Mohon balasnya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi, ijin menjawab kang. Untuk asal universitas tdak di permasalahkan kang setau saya. Yg paling penting akang harus mnguasai dasar2 teori ttg judul kp akang. Semoga mnjawab.

      Delete
    2. Pagi, ijin menjawab kang. Untuk asal universitas tdak di permasalahkan kang setau saya. Yg paling penting akang harus mnguasai dasar2 teori ttg judul kp akang. Semoga mnjawab.

      Delete
  13. Tulisan yang sangat bermanfaat,

    sebelumnya perkenalkan saya Fendra Dwi R, mahasiswa T. Geomatika ITS Angkatan 2014. Bolehkah saya membaca laporan hasil kp saudara? Jika diperkenankan akan kami jadikan bahan referensi untuk proposal kp, terima kasih.

    Silahkan kirim ke email berikut: fenderadr@gmail.com

    ReplyDelete
  14. Mas, saya mahasiswa hukum, jika saya ingin mengambil magang di lapan, bagian apa yg bisa dituju atau anda sarankan? Terima kasih

    ReplyDelete
  15. Mas, saya mahasiswa hukum, jika saya ingin mengambil magang di lapan, bagian apa yg bisa dituju atau anda sarankan? Terima kasih

    ReplyDelete
  16. Mas kira-kira saya boleh minta Laporan KP punya mas danang engga ya ? Kalo boleh bisa kirim lewat email mas ryannurohman42@gmail.com

    ReplyDelete
  17. selamat pagi mas, saya Dwi Intan mahasiswa Geofisika Untan . tulisan mas sangat bermaanfaat. saya mau tanya soal pembimbing kita di sana saat KP. Apakah sdh di tentukan sebelum kita mulai KP ? tolong penjelasannya Mas terima kasih

    ReplyDelete
  18. Selamat pagi mas, saya mahasiswa ITN malang mau nanya apaka masih bisa KP di LAPAN

    ReplyDelete
  19. bang , saya mahasiswa geografi saya tertarik utk magang di lapan bagian pengideraan jauh atau SIG. bisa minta kontaknya ga bang ??? untuk nanya

    ReplyDelete
  20. mas....saya tertarik PKL di Lapan, kalo PKL di LAPAN kira2 ngapain aja ya mas? saya udah semester 5 bntar lagi harus udah nyiapin PKL. Tapi saat ini pun belum ada bayangan PKL di Lapan ngapain aja
    Saya Rimara, FPIK Undip angkatan 2015. salam kenal mas danang.. ^_^ Makasih..
    ini email saya mas reima_rara@yahoo.com

    ReplyDelete
  21. Permisi mas,saya ingin tanya kapan biasanya pendaftaran untuk magang di lapan. Apakah ada syarat tertentu selain sks yg disetujui? Terimakasih

    ReplyDelete
  22. Sore mas.Mas boleh minta no wa ga mas? Buat tanya2 pengalaman dan kp. Terimakaish

    ReplyDelete
  23. mas boleh tau standarisasi proposal di lapan pada tahun masnya? lengkap pakai tinjauan pustakakah atau tidak?

    ReplyDelete
  24. Permisi mas.. Saya abi vilan, mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan.. Ijin bertanya mas.. Apakah boleh mas saya mendapat CP sari LAPAN mas.. Soalnya saya berencana KP disana mas.. Mohon bantuannya mas.. Makasih banyak

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om mau nanya ... Kalo mau pkl di lapan itu minimal SKS yang ditempuh berapa ya ? Dan minimal IPK itu harus berapa ?
      Terima kasih

      ReplyDelete

      Delete

Please write your comment here