Pages

Monday, June 4, 2012

Mencari Objek Terdekat dalam Mobile GIS

Share on :


Perkembangan teknologi merambah berbagai hal, termasuk kecanggihan device handphone. Smartphone kini dilengkapi dengan aplikasi untuk mencari objek-objek terdekat. Hal ini tentunya sangat bermanfaat terutama untuk mencari lokasi-lokasi objek yang terletak di area yang sama sekali asing bagi kita. Aplikasi semacam ini biasa dimanfaatkan salah satunya untuk mencari rest area atau ATM terdekat saat kita melakukan perjalanan mudik lebaran. Tentu hal itu sangat memudahkan kita saat berada di kota yang tidak terlalu kita hafal.
Teknologi semacam ini merupakan salah satu teknologi baru di bidang pemetaan, terutama SIG (Sistem Informasi Geografis), yang lebih spesifik lagi diklasifikasikan dalam mobile GIS. Posisi user diperoleh dari positioning service dengan menggunakan perangkat GPS (Global Positoning System) atau layanan posisi jaringan yang berasal dari provider (Cell Tower). Perangkat mobile pengguna mengirimkan permintaan informasi, yang berisi tujuan untuk mencari dan mengirimkan posisi melalui jaringan komunikasi ke gateway telekomunikasi. Gateway memiliki tugas untuk bertukar pesan di antara jaringan komunikasi selular dan server. Server yang menerima permintaan mengambil informasi yang diminta user (misalnya posisi ATM terdekat) dari database yellow pages pada area tertentu kemudian server akan meminta penyedia data untuk memberikan data tersebut dan mengirimkannya kepada pengguna. Jika memang user berada pada area yang dapat mengakses lokasi-lokasi yang ada pada database, maka server akan melakukan buffer spasial dan query routing untuk mendapatkan beberapa objek terdekat. Setelah menghitung daftar objek terdekat dalam cakupan area tertentu, hasil dikirim ke user melalui internet, gateway, dan jaringan mobile (misalnya jaringan GSM).
Objek-objek yang akan dicari harus sudah mempunyai koordinat dan dimasukkan dalam database. Cakupan area dapat ditentukan tergantung dari admin yang membuat program itu, apakah disetting 2 km, 5 km, atau 10 km. Informasi yang disampaikan kepada pengguna juga dapat diberikan dalam bentuk teks (disusun berdasarkan jarak menjadi list view) atau ditampilkan dalam bentuk peta yang diintegrasikan dengan Google Map.

Sumber gambar: http://www.cameraphonesplaza.com/cool-free-applications-for-samsung-instinct/

No comments:

Post a Comment

Please write your comment here