Pages

Saturday, January 30, 2016

Menghitung Nilai Undulasi Menggunakan Web SRGI

Share on :

Sumber gambar: Mukherjee et al, 2013

Ketika melakukan pengukuran ketinggian dengan GPS, biasanya kita memerlukan nilai undulasi untuk mendapatkan tinggi orthometrik di titik tersebut. Hasil yang didapatkan adalah nilai ketinggian di atas geoid. Hal itu diperlukan karena ketinggian yang didapatkan dari pengukuran GPS adalah tinggi di atas ellipsoid, sehingga untuk menentukan tinggi di atas geoid diperlukan nilai undulasi (N).
Menentukan nilai undulasi dapat dilakukan pada web SRGI berikut. Data yang diperlukan hanya berupa nilai koordinat yang didapatkan dari pengukuran GPS. Sistem koordinat yang diperlukan sebagai data input di web tersebut adalah sistem koordinat geografis, dan datum vertikal yang digunakan pada hasil perhitungan web ini adalah EGM 2008. Sebagai catatan, ketika garis lintangnya berada pada lintang selatan dan garis bujurnya berada bujur barat maka nilainya diberi tanda negatif.

Klik button “Hitung”, maka akan didapatkan hasil sebagai berikut.
Web tersebut memberikan nilai undulasi dengan tiga tingkat ketelitian, yaitu 1’, 2.5’, dan 5’. Angka tersebut menunjukkan kerapatan grid pada geoid yang digunakan. Semakin rapat gridnya, maka geoid akan semakin detail dan teliti, sehingga jika nilainya adalah tiga angka di atas, maka 1’ akan memberikan hasil dengan ketelitian yang lebih tinggi dibandingkan 2.5’ dan 5’. 

No comments:

Post a Comment

Please write your comment here