Pages

Wednesday, January 6, 2016

Attachment Foto pada Basisdata Spasial di ArcGIS (Otomatis)

Share on :

Tutorial ini menggunakan tiga sampel data, yaitu Kantor Badan Informasi Geospasial (BIG), Cibinong City Mall, dan Kantor Bupati Bogor.

1.  Tempatkan foto-foto yang akan di-attach pada satu folder yang sama, kemudian berikan nama yang unik agar tidak tertukar dengan foto lainnya (misal diberi penomoran).
2.   Tambahkan field yang memuat nama foto pada feature class yang akan di-attach. Isikan sesuai dengan nama yang sudah diberikan pada file foto (point nomer 1). Notes: tambahkan format foto pada penulisan di atributnya (misal: *.jpg).
3.   Buka ArcToolbox, kemudian pilih Data Management Tools. Pilih Attachments, lalu Enable Attachments.

4.  Masuk lagi ke Data Management Tools, kemudian Attachments. Pilih Generate Attachment Match Table.
5.    Isikan Input Dataset dengan feature class yang akan di-attach, Input Folder dengan folder yang memuat file-file foto, Output Match Table dengan nama tabel yang dibuat dan disimpan dalam geodatabase dimana terdapat feature class tadi (penamaan bebas), dan Key Field dengan field yang menghubungkan antara foto dengan record pada feature class.
6.      Buka Data Management Tools, lalu Attachments. Kemudian pilih Add Attachments.
7.   Isikan Input Dataset dengan feature class yang akan di-attach, Input Join Field dengan field yang memuat nama foto, Match Table dengan tabel yang sudah dibuat sebelumnya, Match Join Field dengan field yang menghubungkan antara record di feature class dengan foto, Match Path Field dengan field yang berisi lokasi foto, dan Working Folder (Optional) dengan folder yang berisi foto yang akan di-attach.
8.   Untuk melihat hasil attachment foto, pilih HTML Popup, kemudian klik objek yang sudah di-attach foto.



2 comments:

  1. sy sdh coba ok, tp tdk bisa lebih dari 8 foto attachnya knp pak?

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak Pak, sangat membantu..

    ReplyDelete

Please write your comment here