Pages

Monday, May 23, 2016

Membentuk Stereomate di Summit Menggunakan Data SAR

Share on :
Sumber gambar: http://www.pcigeomatics.com

Untuk melakukan stereoplotting di Summit, kita perlu terlebih dahulu membentuk model 3D dari data dasar yang digunakan. Ketika menggunakan data Synthetic Aperture Radar/SAR, kita mempunyai dua data: Orthorectified Radar Image (ORRI) dan Digital Surface Model (DSM). Data ORRI dan DSM tersebut kemudian dibentuk stereomate yang akan digunakan sebagai pasangan image dari ORRI untuk membentuk model 3D.
Prinsip yang digunakan untuk membentuk model 3D menggunakan data radar berkebalikan dengan metode fotogrammetri. Konsep dalam fotogrammetri adalah mengukur paralaks antara dua foto yang kemudian dikonversi menjadi informasi ketinggian, sedangkan pada radar pembentukan model 3D adalah dengan mendapatkan paralaks dari ketinggian pada DSM untuk ditambahkan ke ORRI sehingga dihasilkan stereomate.
Cara membentuk stereomate pada software Summit Evolution adalah sebagai berikut.
1.      Export data DSM dari format TIFF menjadi ASCII.



2.      Klik Imagery, kemudian pilih Generate Stereo Mates.

3.   Pada kolom Image Files pilih file Summit Image yang sudah dibentuk (Baca: Membentuk Summit Image Menggunakan Data SAR), sedangkan pada kolom DTM Files pilih file ASCII yang sudah dibentuk pada tahap nomor 1 (cara memasukkannya adalah dengan mengklik button Add). Klik Generate, maka stereomate akan terbentuk.

3 comments:

Please write your comment here