Pages

Saturday, August 29, 2015

Hypsography Tools pada ArcGIS

Share on :

Hypsography Toolset digunakan untuk membentuk unsur hipsografi seperti kontur dan spot height yang sudah memenuhi kaidah pemetaan sekaligus kartografis. Tools ini adalah bagian dari Defense Mapping Tools yang merupakan ekstensi tambahan dalam software ESRI ArcGIS. Kelebihan dari Hypsography Toolset dibandingkan dengan toolset 3D lainnya (misalnya 3D Analyst Tools) adalah kontur yang dihasilkan sudah sekaligus tersimplifikasi (smoothing) dan “bulatan” kontur yang dianggap tidak perlu bisa langsung terseleksi, sehingga dapat mempersingkat waktu dalam melakukan editing kontur. Tools ini juga dapat digunakan untuk menghasilkan titik tinggi pada setiap kontur puncak dan depresi.
Pembentukan kontur menggunakan tools Create And Simplify Contours. Parameter yang digunakan dalam tools ini adalah skala, dengan data masukan adalah DEM raster. Kontur yang dihasilkan diasumsikan sesuai dengan penyajian peta pada skala tersebut. Pembentukan spotheight dilakukan menggunakan tools Create Spot Height. Tools ini menggunakan data masukan berupa kontur dan DEM raster untuk menghasilkan titik tinggi pada setiap kontur puncak dan depresi.


Sebagai tambahan, Production Mapping Tools juga menyediakan tools untuk melakukan seleksi otomastis terhadap titik tinggi yang sudah terbentuk, atau dalam bahasa pemetaan Rupabumi Indonesia (RBI) dapat dianalogikan sebagai seleksi masspoint menjadi spot height. Tools yang digunakan adalah Thin Spot Heights, yaitu dengan melakukan seleksi spot height berdasarkan klasifikasi ketinggian yang dibentuk oleh tools Bands From Raster. Titik yang dipertahankan maksimal sejumlah 10 titik, dengan 9 titik tertinggi dan 1 titik terendah. Tools ini dapat digunakan sebagai acuan untuk mempercepat proses seleksi masspoint menjadi spot height, atau membantu dalam menentukan spot height mana saja yang lebih diprioritaskan untuk dipertahankan.

Tools-tools tersebut mensyaratkan komputer dengan RAM di atas 2 GB dan ArcGIS SP (Service Package) 1. Selanjutnya perlu dilakukan instalasi Production Mapping terlebih dahulu sebelum kita aktifkan Hypsography Tools menggunakan instalasi Mapping and Charting
Berikut adalah cara pembentukan kontur dan spot height menggunakan Hypsography Tools.

No comments:

Post a Comment

Please write your comment here