Pages

Sunday, March 30, 2014

Proses Kartografi Unsur Kontur pada Peta RBI

Share on :

Proses kartografi meliputi simbolisasi sesuai dengan jenis kontur (apakah kontur index atau kontur selang). Proses itu dapat Anda lakukan dengan langkah-langkah yang dibahas di artikel ini. Artikel ini hanya membahas bagaimana proses kartografi kontur terkait kaitannya dengan proses labeling. Berikut tahap-tahapnya.

1.     Buka feature class kontur yang sudah dilakukan representasi simbol. Klik kanan pada layer, lalu aktifkan Label Features.
2.      Aktifkan tools Labeling, lalu klik pada icon Label Manager (pada gambar diberi lingkaran merah).



3.      Klik Position, pilih Centered Curved.
4.      Untuk ukuran huruf, setting ke font Arial dengan size 5. Warna kontur dalam peta RBI adalah oranye.
5.    Klik Properties, pada tab Label Position pilih Contour Placement. Lalu klik Options, pilih Uphill alignment dan No Laddering.

6.      Pada tab Fitting Strategy, hilangkan semua tanda centang.
7.      Pada tab Label Density beri tanda centang pada Repeat Label dan Connect Features. Klik Options, isi Minimum Repetition Interval dengan angka 500 dan satuan Milimeters.

8.    Label nilai kontur yang ditampilkan hanya kontur index saja. Seleksi label yang akan di-convert ke Annotation.




9.   Lakukan proses Masking. Buka ArcToolbox, pilih Cartography Tools -> Masking Tools -> Feature Outline Masks. Masukkan file Annotation sebagai ‘Input Layer’. ‘Calculation coordinate system’ diisi sesuai dengan zona UTM peta yang dikerjakan. Untuk ‘Mask Kind’ pilih ‘BOX’.


10. Klik kanan pada Data Frame, pilih Advanced Drawing Options. Pada Masking Layers pilih Output Feature Class yang dimaksud, sedangkan pada Masked Layers pilih feature class kontur.



11.  Berikut hasil akhir dari seluruh proses yang sudah dikerjakan.

1 comment:

  1. Mas, bagaimana membuat kontur yang smooth seperti yang ada diatas, apakah masi menggunakan arcgis, atau software yang lain ???

    ReplyDelete

Please write your comment here