Pages

Saturday, February 9, 2013

Memperbaiki TIN (Membuat Peta RBI Part 2)

Share on :


Materi kedua dari pembuatan peta RBI adalah memperbaiki data TIN (Triangular Irregular Network). TIN adalah representasi ketinggian yang dihasilkan dari masspoint/ spotheight yang berupa node, yang dibentuk membentuk jaring segitiga. TIN di sini digunakan kembali untuk memperbaiki elevasi data vektor sungai, dimana logika yang digunakan adalah sisi sungai yang berseberangan tidak akan memiliki perbedaan elevasi yang ekstrem. Sehingga dalam tulisan ini akan dibahas cara memperbaiki elevasi titik-titik yang berseberangan pada data vektor sungai.
1.   Buka data vektor yang sudah digunakan dalam tulisan sebelumnya berupa masspoint, polyline jalan, dan polyline sungai.
2.    Buat TIN dengan klik 3D Analyst -> Create/Modify TIN -> Create TIN From Features.

3.    Ubah interval ketinggian TIN menjadi 5 m. Ubah warnanya agar gradasi warnanya menjadi jelas.

4.   Untuk memudahkan dalam membedakan elevasi tiap interval, ubah warnanya agar memiliki gradasi warna yang jelas, terutama untuk daerah yang memiliki ketinggian yang bersebelahan. Lalu save layer tersebut menjadi layer TIN.

5.  Untuk memperbaiki elevasi dari titik yang bersebelahan pada sungai, kembali digunakan Z-Editor. Caranya, pilih salah satu sisi sungai (yang berupa dua garis) sebagai acuan. Lalu copy elevasi titik di garis acuan tersebut, lalu paste pada titik yang berseberangan. Indikator jika elevasi sudah benar adalah warna dari TIN menjadi tegak lurus dengan data vektor sungai.

6.    Select garis yang elevasinya diubah, lalu klik Z-Editor, dan pilih OK. Elevasi pun berubah.

1 comment:

Please write your comment here