Pages

Friday, February 8, 2013

Editing Data Elevasi Vektor (Membuat Peta RBI Part 1)

Share on :


Tulisan ini akan membahas editing data vektor yang dihasilkan dari proses plotting (digitasi) menggunakan data stereomate, yaitu data ORRI (Ortho Rectified Radar Image) dengan data DSM (Digital Surface Model). Editing data vektor diperlukan pada tahap akhir dalam pembuatan peta RBI agar data yang dihasilkan memiliki tingkat akurasi yang baik.
Tahap ini adalah editing elevasi data vektor menggunakan R-tools, yaitu extension dari ArcGIS khusus untuk memperbaiki nilai ketinggian. Sampel yang digunakan adalah data sungai, dimana logika yang digunakan adalah sungai mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, sehingga tidak mungkin ada titik yang elevasinya berada di bawah titik selanjutnya. Berikut cara memperbaiki nilai elevasi sungai dengan menggunakan R-tools.
1.    Buka data vektor yang merepresentasikan sungai.
2.    Biasanya data vektor hasil plotting yang berupa sungai dibagi ke dalam sungai besar, sedang, kecil, hingga anak sungai. Keluarkan seluruh layernya.
3.    Pilih Realtime Drop/ Top Check pada R-tools untuk mengetahui titik yang nilai elevasinya salah, yaitu titik yang terdapat warna hijau bulat dan silang merah.

4.    Hidupkan Start Editing, klik layer yang akan diedit, lalu pilih Z-Editor pada R-tools. Kemudian cari titik yang memiliki kesalahan. Untuk mencarinya, bisa dilihat dengan melihat ketinggian dari titik tersebut dan dicari di window Z-Editor. Caranya klik kanan pada titik tersebut lalu pilih properties.

5.    Pilih titik yang akan digunakan sebagai acuan pertama sebagai titik yang lebih tinggi di point nomer 1, dan titik yang lebih rendah di point nomer 2. Lalu pilih Go.
6.    Setelah hasilnya berubah, pilih OK.
7.    Elevasi sungai sudah benar.

No comments:

Post a Comment

Please write your comment here