Pages

Friday, December 14, 2012

GIS (Geographic Information System) dalam Bahasa Sederhana

Share on :


Jika kita menyebutkan kata GIS (Geographic Information System) atau dalam bahasa Indonesia disebut SIG (Sistem Informasi Geografis) kebanyakan orang sama sekali tidak tahu artinya. Padahal bisa jadi mereka pernah menggunakannya, namun tidak menyadari bahwa yang mereka lakukan adalah mengoperasikan SIG. Ingin tahu buktinya? Sebagian besar orang pasti pernah menggunakan Google Map atau Google Earth. Anda tentu pernah menandai suatu lokasi dengan simbol tertentu lalu memasukkan informasi di dalamnya (misalnya nama tempat tersebut). Ketika orang lain membuka peta yang sama, maka ia dapat melihat data-data yang Anda masukkan. Tidak sadarkah Anda bahwa itu adalah sebuah operasi SIG yang paling sederhana?
Dunia dan bahasa pemetaan memang asing meskipun hampir semua orang kini menggunakan peta –apalagi di era digital seperti sekarang. GIS menjadi salah satu aplikasi yang umum dan simpel dalam dunia mapping, namun kurang begitu populer. Secara sederhana, GIS adalah suatu aplikasi di dunia pemetaan yang prinsipnya adalah memberikan informasi berupa data atribut (informasi) ke dalam sebuah data spasial (peta itu sendiri) sehingga menjadikan sebuah peta mempunyai nilai informasi. Atau dalam bahasa yang lebih sederhana, sebuah peta mempunyai data-data yang memberikan informasi tematik tertentu. Google Map dan Google Earth tadi adalah contohnya. 
 Contoh aplikasi GIS paling sederhana dalam Google Map
Jika contoh dalam Google tadi pada umumnya menggunakan simbol berupa point atau titik yang dinotasikan dalam pin, dalam SIG informasi juga dapat diberikan dari sebuah area. Misal dalam peta sebuah kabupaten, area-area pada peta tersebut dipisahkan dalam batas-batas kecamatan. Setiap area kecamatan itu nantinya diberi informasi, misalkan jumlah penduduk, luas area, dll.
 Contoh sederhana menampilkan informasi dalam software GIS, ArcGIS
Kalau kita berbicara masalah peta memang tidak akan lepas dari informasi yang terkandung di dalamnya. Buktinya adalah setiap peta pasti mempunyai legenda. Tanpa informasi peta hanyalah sebuah gambaran virtual bumi yang tidak memiliki arti apa-apa. Nah, secara sederhana, GIS memberikan informasi itu dalam bentuk peta digital, sehingga informasi yang ada di dalamnya bisa ditampilkan langsung dari peta tersebut. Karena itulah, Google Map memiliki prinsip GIS yang sangat kental, mulai dari data spasialnya (maksudnya petanya) yang sudah pasti berformat digital sampai pemunculan informasi di dalamnya seperti show location atau driving direction. Kurang lebih begitulah prinsip GIS. Sebuah kemajuan di dalam pemetaan yang tentunya memudahkan semua orang. Karena semua informasi tentu terlalu banyak untuk dituangkan dalam legenda bukan? :)   
Sumber gambar: http://www.gis.rgs.org

3 comments:

  1. terimas kasih ,... sangat mengesankan ooo iya kunjungi website saya : https://bagussmj.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  2. terimas kasih, ini sangat membantu saya dalam memahami tentang gis dalam bahasa sederhana
    kunjungi website saya : https://adi-shukma.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  3. Terima kasih, artikel anda sangat bermanfaat bagi mata kuliah sistem informasi geografis saya.
    Sedikit tambahan mengenai sistem informasi geografis,
    Fungsi SIG adalah meningkatkan kemampuan menganalisis informasi spasial secara
    terpadu untuk perencanaan dan pengambilan keputusan. SIG dapat memberikan informasi kepada pengambil keputusan untuk analisis dan penerapan database keruangan (Prahasta,2002). SIG mampu memberikan kemudahan-kemudahan yang diinginkan. Dengan SIG kita akan dimudahkan dalam melihat fenomena kebumian dengan perspektif yang lebih baik. SIG
    mampu mengakomodasi penyimpanan, pemrosesan, dan penayangan data spasial digital bahkan integrasi data yang beragam, mulai dari citra satelit, foto udara, peta bahkan data statistik. SIG juga mengakomodasi dinamika data, pemutakhiran data yang akan menjadi lebih mudah.
    Kunjungi website saya : https://srihartt.blogspot.com/
    dan website kammpus saya : https://www.gunadarma.ac.id/

    ReplyDelete

Please write your comment here