Pages

Friday, April 14, 2017

Menggunakan Aplikasi Trimble DL dalam Pengukuran Statik

Share on :
Sumber gambar: http://www.appbrain.com/app/trimble-dl/com.trimble.trimbledl

Pengaturan alat GNSS dapat dilakukan dengan beberapa cara -misalnya menggunakan controller, namun untuk merk Trimble dapat dilakukan menggunakan aplikasi yang bernama Trimble DL. Pengaturan yang dapat dilakukan menggunakan aplikasi ini cukup user friendly, sehingga memudahkan kita dalam melakukan pengaturan. Berikut adalah tutorial pengaturan alat GNSS menggunakan aplikasi Trimble DL dalam pengukuran statik.
1.    Berdirikan alat pada titik yang akan diukur, kemudian nyalakan receiver hingga lampu hijau dan oranye menyala.



2.  Buka aplikasi Trimble DL, kemudian lakukan pengaturan berdasarkan pengukuran yang dilakukan di menu Survey Style.



3.      Kembali ke menu utama, lakukan koneksi antara aplikasi dengan receiver dengan klik Connect to Receiver. Pastikan bluetooth di handphone sudah diaktifkan. Kemudian koneksikan sesuai dengan nomor seri alat yang digunakan.


4.      Kembali ke menu sebelumnya, kemudian klik Measure Point.

5.   Klik End untuk memastikan bahwa pengaturan ini adalah untuk pengukuran yang baru, kemudian isikan nama titik yang diukur serta lakukan pengaturan di menu Antenna dan Measurement.



6.  Klik semacam tombol Play yang terletak paling atas pada menu tersebut, dan pengukuran sudah dilakukan. Tampilan saat pengukuran sedang dilakukan adalah sebagai berikut. Jika sudah selesai, klik Store, maka data pengamatan akan tersimpan.

7.  Data yang sudah selesai diukur dapat dilihat di File Manager. Untuk memastikan bahwa pengamatan satelit berhasil, lihat jam dimulainya pengukuran serta kapasitas data yang dihasilkan.  




8.    Data dapat dikirim melalui email. Caranya, klik Email Data Files, pilih data yang akan dikirim, masukkan alamat email, kemudian klik tombol + yang ada di pojok kanan atas tampilan. Selanjutnya aplikasi email akan terbuka, dan kita dapat mengirimkan data tersebut seperti mengirimkan email biasa.


4 comments:

  1. Kalo blutoth nya gak mau konek kenapa ya?

    ReplyDelete
  2. Kl data di alat trimble nya ke reset, apa datanya msh tersimpan di trimble dl? Sy menggunakan trimble r8s, pengukuran menggunakan aplikasi trimble dl.thx

    ReplyDelete
  3. Boss mau tanya...,klo di bluetooth nya tersambung, tp pas di scan di app DL ga ada boss..kenapa yaa

    ReplyDelete

Please write your comment here