Pages

Thursday, May 11, 2017

Mengedit DEM Menggunakan TIN Editing di ArcGIS

Share on :

Sumber gambar: https://helpdesk.louisiana.edu/arcgis

Dalam pembentukan DEM, selain akurasi yang direpresentasikan dalam kualitas hasil statistik, juga perlu diperhatikan mengenai kualitas visualnya. Kualitas visual berkaitan dengan tampilan DEM yang baik, namun tetap harus memperhatikan realitas topografi yang sebenarnya, dalam artian editing DEM untuk kepentingan kualitas visual tidak boleh terlalu mengubah kondisi topografi secara signifikan hingga tidak lagi merepresentasikan kondisi sebenarnya.
Editing DEM dalam format TIN (Triangulated Irregular Network) dapat dilakukan menggunakan TIN Editing di ArcGIS. Penjelasan singkat mengenai tools tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
1.      Aktifkan toolbar TIN Editing.

2.  Buka data TIN yang akan diedit, Untuk mempermudah editing, data masspoint pembentuk TIN tersebut dapat ditampilkan dengan cara: klik kanan pada layer TIN à Properties àpada Layer Properties pilih tab Symbology à klik Add à pilih Nodes with the same symbol.



3.      Klik Start Editing TIN untuk memulai editing.


4.   Cara editing pertama adalah Add TIN Point. Tools ini digunakan untuk menambah masspoint di lokasi-lokasi yang memang perlu untuk ditambah. Ada 2 pilihan: from surface dan as specified. Jika elevasi titik yang baru ingin menyesuaiakan dengan elevasi TIN, maka pilih from surface, sedangkan jika ingin menambahkan titik dengan elevasi tertentu yang sudah ditentukan, pilih as specified.



Untuk menghapus titik tersebut, dapat digunakan Delete TIN Node. Jika akan menghapus per titik, dapat digunakan Delete TIN Node, sedangkan jika ingin beberapa titik sekaligus pada area tertentu dapat digunakan Delete TIN Nodes By Area.


Sedangkan untuk memindahkan titik, digunakan Move TIN Node. Caranya, klik titik yang akan dipindah, kemudian klik lagi pada lokasi yang baru.


Terakhir, jika ingin mengubah nilai elevasi titik, digunakan Adjust Node Z. Caranya, klik titik yang akan diubah nilainya, kemudian masukkan nilai elevasi yang baru.



5.    Cara berikutnya adalah Add TIN Line. Tools ini untuk menambahkan garis ketinggian (seperti breakline). Ada 3 pilihan: from surface, max Z from surface, min Z from surface, dan as specified. Max Z from surface mengambil elevasi tertinggi di sekitar garis yang dibentuk, sedangkan min Z from surface adalah sebaliknya. Definisi from surface dan as specified sama dengan Add TIN Point.



Untuk menghapus garis tersebut, dapat digunakan Delete TIN Breakline.

6.     Contoh TIN yang sudah diedit adalah sebagai berikut. Catatan: saya tidak mengatakan bahwa ini adalah contoh yang baik, karena tingkat kehalusan DEM cukup relatif. Namun sekali lagi, yang perlu diperhatikan adalah editing tidak boleh terlalu mengubah topografi DEM secara signifikan karena akan berpengaruh pada ketelitian DEM itu sendiri.

2 comments:

Please write your comment here