Pages

Wednesday, February 3, 2016

Fungsi IF untuk Seleksi pada ArcGIS

Share on :
Sumber gambar: http://www.esri.com/partners/partners-alliance/microsoft

Pemrosesan data spasial pada ArcGIS dapat dilakukan dengan dua cara: menggunakan fitur-fitur yang sudah dibuat oleh ESRI (seperti toolbox atau tabel atribut) dan menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang dapat mengakomodir ArcGIS adalah VB Script dan Phyton.
Salah satu fungsi mendasar yang ada pada VB Script adalah fungsi IF, yaitu untuk melakukan pemrosesan menggunakan logika yang sistematis (entah kalimat saya ini tepat atau tidak, saya tidak ahli di IT, namun semoga pembaca mengerti apa yang ingin saya sampaikan). Fungsi IF dapat dilakukan di ArcGIS untuk melakukan seleksi terhadap record-record tertentu berdasarkan logika yang dibuat oleh “programmer”. Contoh penggunaan fungsi IF dalam seleksi fitur di ArcGIS adalah sebagai berikut.

if [REMARK] = "Jalan Arteri" then
A = 0
elseif [REMARK] = "Jalan Kolektor" then
A = 1
elseif [REMARK] = "Jalan Lain" then
A = 2
elseif [REMARK] = "Jalan Lokal" then
A = 3
elseif [REMARK] = "Jalan Setapak" then
A = 4
else
A = null
end if


Maksud dari algoritma tersebut kurang lebih adalah bahwa “jika hierarchy = A, maka jika sebuah record field ‘remark’-nya terisi jalan arteri, maka field hierarchy-nya akan terisi angka 0, jika jika sebuah record field ‘remark’-nya terisi jalan kolektor, maka field hierarchy-nya akan terisi angka 1, dst hingga angka 4, dan remark di luar jalan arteri, kolektor, lain, lokal, dan setapak akan terisi null”. Hasil dari pemrosesan itu dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Contoh ini hanya sebagai dasar saja, untuk logika lain yang sejenis atau pengembangannya yang lebih rumit pasti berdasar pada algoritma sederhana ini. Namun ketika yang sederhana ini ada yang terlewat, sudah pasti pemrosesan tidak akan berjalan.
Selamat mencoba :)

4 comments:

  1. maaf mas, mau tanya, pemrosesan data spasial dengan metode ini untuk membuat apa ya mas?

    ReplyDelete
  2. bagaimana untuk fungsi if jika berdasarkan dua kategori mas, bagaimana fungsinya?

    ReplyDelete
  3. Gan ini kan buat isi kolom angka, kalau isi kolom teks/string bisa juga ga gan ? atau ada rumus lain ? makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk rumus setau saya sama kak, hanya kembali lagi ke tipe kolomnya, kalau tipe kolomnya string bisa diisi text dan number, kalau tipe kolomnya double, long, short hanya menerima number

      Delete

Please write your comment here