Pages

Saturday, September 5, 2015

Seleksi Unsur Jalan pada ArcGIS (Part Generalisasi Peta)

Share on :


Artikel ini membahas cara melakukan seleksi dengan mempertimbangkan panjang minimum dan kelas jalan. Pada contoh ini, generalisasi dilakukan dari skala 1:25.000 menjadi 1:50.000. 
1.     Buka data unsur transportasi yang akan digeneralisasi.
2.  Tambahkan dua field baru pada data tersebut. Field pertama adalah invisibility, yaitu field yang menunjukkan segmen yang disarankan untuk diseleksi pada data outputField kedua adalah hierarchy, yaitu field yang menujukkan tingkatan kelas jalan, dimana makin kecil angka yang dimasukkan makin penting kelas jalan yang dimaksud. Kedua field tersebut dibuat dalam format short integer.



3.    Field invisibility diisi dengan angka 0, ketika sebuah segmen jalan disarankan untuk dihapus maka setelah diproses angka tersebut berubah menjadi 1.

4.   Field hierarchy diisi dengan angka sesuai dengan kelas jalannya. Makin kecil angka yang diberikan, makin penting kelas jalan tersebut. Angka yang dimasukkan dapat dimulai dari 0, misalnya:
Jalan arteri            = 0
Jalan kolektor       = 1
Jalan lokal            = 2
Jalan lain              = 3
Jalan setapak        = 4
Caranya dengan melakukan query terlebih dahulu terhadap masing-masing kelas jalan.

5.   Buka ArcToolbox à Cartography Tools à Generalization à Thin Road Network. Lakukan proses hanya pada lima kelas jalan di atas (poin 4).

6.   Masukkan angka 10mm (500m pada skala 1:50.000) pada kolom minimum length, serta field invisibility dan hierarchy yang sudah dibuat.

7.   Pada field invisibility setelah diproses, jalan yang disarankan untuk dihapus berubah menjadi 1.

8.  Lakukan review secara manual terhadap data yang sudah diproses. Jika hasil pemrosesan oleh tools sudah sesuai, maka dapat dilakukan seleksi. 

No comments:

Post a Comment

Please write your comment here