Pages

Saturday, December 27, 2014

BIG, Tempat Dimana Kuliah, Praktikum, dan Organisasi Diterapkan dalam Satu Waktu

Share on :

Ketika mahasiswa baru memasuki sebuah fase kehidupan bernama dunia perkuliahan, ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan terkait perbedaan signifikan dengan dunia SMA. Salah satunya adalah manajemen dan kemandirian untuk mengatur dirinya sendiri dalam membagi segala kegiatan yang bersifat akademis dan organisasi –bagi yang berminat. Dunia akademis untuk jurusan-jurusan teknik bahkan diklasifikasikan menjadi dua sifat (menurut saya pribadi), yaitu dunia kuliah itu sendiri yang berupa pembelajaran di kelas dan bersifat teoritis, serta pelatihan bersifat praktek dan terapan yang diimplementasikan dalam praktikum.
Geodesi dan jurusan-jurusan dengan latar belakang geospasial tak jauh berbeda. Kuliah sudah pasti, praktikum baik di lapangan maupun di laboratorium sudah jadi santapan dari awal kuliah hingga menjelang Tugas Akhir. Organisasi? Di kampus saya sendiri (tanpa mengurangi rasa hormat kepada fakultas-fakultas lain), organisasi di fakultas teknik termasuk yang paling terstruktur dan tentu saja terbesar karena ada belasan jurusan di sana. Di sinilah pentingnya manajemen waktu, karena ketiganya dilakukan secara parsial, namun memberikan manfaat secara komprehensif kepada mahasiswa yang mau melakukannya dengan sungguh-sungguh sebagai bekal pembelajaran ke depan.
Benar saja, pembelajaran saya katakan. Karena dalam dunia kerja, ketiganya (atau minimal dua dari tiga hal tersebut) harus dapat diterapkan secara bersamaan dan beriringan. Organisasi sudah pasti, karena bekerja di manapun sudah tentu membutuhkan kerja sama tim. Yang memungkinkan untuk tidak kita alami adalah penerapan ilmu yang didapatkan dari kuliah dan praktikum, karena itu baru bisa terjadi jika kita bekerja di bidang yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kita. Namun ketika Anda bekerja di Badan Informasi Geospasial, ketiganya melebur menjadi satu.
Jika Anda adalah orang yang tidak belajar sungguh-sungguh saat kuliah namun dapat menembus seleksi ke BIG, bisa jadi Anda akan menyesalkan beberapa hal. Sudah pasti, karena semua pekerjaan yang ada di sini nyaris semuanya sudah diajarkan empat tahun sebelum kita merengkuh gelar sarjana. Itu dari segi teori, dari segi praktikum tak jauh berbeda, karena dunia kerja adalah dunia yang aplikatif, semuanya bersifat produk yang menghasilkan. Apalah artinya bergelimang ilmu pengetahuan namun tak mampu menerapkannya dalam sebuah produk atau minimal metode yang riil? Keduanya harus bersifat kombinasi, ilmu pengetahuan sebagai landasan dan dasar dalam pengembangan, sedangkan teknis pekerjaan sebagai aplikasi dan penerapannya. Karena teori tanpa praktek adalah omong kosong, sedangkan praktek tanpa teori adalah sesat.
Organisasi? Tentu saja, tak jauh berbeda dengan apa yang saya deskripsikan di atas tentang pentingnya kemampuan berorganisasi dalam dunia kerja. Apalagi di instansi pemerintah pusat seperti BIG, yang tentunya harus berkoordinasi dengan banyak pihak, mulai dari kementerian yang mengkoordinirnya (seperti RISTEK pada periode sebelumnya), instansi-instansi lain yang 'setara', pemerintah daerah, perguruan tinggi, hingga perusahaan-perusahaan swasta.
Karena itulah, mempelajari ketiganya sedari awal kuliah adalah sebuah kebijakan yang tepat. Memang tidak ada kata terlambat untuk belajar, bahkan setelah kita berada di dunia kerja sekalipun. Namun memang alangkah baiknya jika semuanya sudah dipersiapkan sejak awal, sehingga waktu yang dipersiapkan untuk pengembangan diri bisa dimanfaatkan untuk kemajuan yang jauh lebih signifikan. Untuk yang masih menempuh bangku kuliah atau bahkan baru memulainya, semuanya bisa dikondisikan dengan baik agar berjalan sesuai rencana. Sedangkan yang sudah ‘merasa terlambat’ –seperti saya misalnya, bisa dengan me-review kembali apa saja yang tidak kita lakukan pada masa lalu yang sedikit banyak menghambat kemajuan diri kita, lalu memperbaikinya setahap demi setahap. Selalu belajar, tanpa lelah, demi perkembangan diri yang lebih baik. :)

1 comment:

  1. untuk jurusan geografi misalnya KP di BIG biasanya di bagian apa?

    ReplyDelete

Please write your comment here