Pages

Sunday, May 4, 2014

Seleksi Atribut di ArcGIS Berdasarkan Kelipatan

Share on :


Untuk keperluan tertentu, terkadang kita harus melakukan seleksi atribut (select by attributes) berdasarkan angka kelipatan tertentu pada tabel atribut tersebut. Misalnya, ketika akan melakukan generalisasi dari skala 1:25.000 (dengan interval kontur 12,5 m) menjadi 1:50.000 (dengan interval kontur 25 m), tentu kita perlu melakukan seleksi kontur dengan salah satu kelipatan tersebut. Atau ketika kita akan melakukan simbolisasi terhadap kontur mayor dan kontur minor, sudah pasti kita perlu melakukan seleksi terhadap kontur dengan kelipatan yang dimaksud.
Kita bisa melakukan seleksi tersebut dengan mudah di ArcGIS. Syarat pertama kita hanya perlu tahu kelipatan angka yang perlu kita lakukan seleksi. Selanjutnya, kita dapat melakukan seleksi dengan rumus:
mod(“field yang akan diseleksi”,angka kelipatan yang ingin diseleksi)=0
Misalnya, ketika kita ingin menseleksi kontur dengan interval 25 m, maka kita dapat menggunakan rumus tersebut sebagai berikut:

Selamat mencoba.

3 comments:

  1. Selamt pagi kak. Saya sep hamdan dr jombang jatim maba geomat its. Pngn nanya nanya. Bisa mnta nmr hp pin atau id line. Trmksih. Salam geodet salam surveyor

    ReplyDelete
  2. Pa mo tanya,, saya dah coba tapi kenapa ga berhasil ya..
    makasih

    ReplyDelete
  3. Kalau isi field berupa gabungan huruf dan angka, apakah bisa menggunakan rumus utk meyeleksi dg interval? Misalnya ca1, ca2, ca3, dst...

    ReplyDelete

Please write your comment here